Sunday, November 16, 2014

Kiat Mudah Memotivasi Anak

MEYAKINKAN anak-anak untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin mereka lakukan, pasti akan menjadi tantangan. Dan membuat mereka berhenti melakukan hal-hal yang Anda tidak ingin mereka lakukan, akan menjadi kesulitan yang lain.


Anda dapat mendorong anak-anak untuk meningkatkan perilaku baik mereka. Seperti dilansir Parents, berikut cara memotivasi anak-anak Anda untuk menjadi lebih baik.

Pertimbangkan untuk memberi imbalan
Memberi hadiah kepada anak kadang-kadang bisa berguna untuk sementara waktu. Memang benar bahwa imbalan akan memotivasi anak untuk tambah giat belajar, tapi cara ini juga dapat menjadi ketergantungan, dan anak akan bisa kembali malas jika imbalan berhenti. Menggunakan imbalan dalam jangka pendek tidak terlalu memberikan dampak negatif. Anda perlu memotivasinya agar anak merasa lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya.

Sering melakukan komunikasi
Melakukan komunikasi dengan anak sangat penting untuk memotivasinya. Anak-anak secara alami ingin tahu, dan mengundangnya untuk memahami tentang sesuatu hal yang menarik baginya.

Menerima kekurangan anak
Kebanyakan anak-anak belum mengerti dengan kekurangan yang ada pada dirinya. Sebagai orangtua, Anda harus bisa memberinya motivasi untuk tidak fokus pada kekurangan. Ajarkan anak untuk selalu bersyukur dan dapat menerima semua keadaan dengan sukacita. Dengan demikian, anak Anda tidak akan merasa kecil hati dan tetap semangat.

Pertimbangkan kemampuan mereka
Tingkatkan kemampuan yang ada di diri anak. Inilah alasan kenapa Anda jangan terlalu khawatir dengan kekurangan yang ada padanya. Pasti anak Anda memiliki keahlian dan bakat yang belum tentu dimiliki oleh anak yang lain. Di sinilah Anda harus pintar melihat di mana bakatnya, dan kembangkan bakat tersebut. Bila perlu Anda memanggil guru privat.

Apresiasi
Pastikan Anda membiarkan dia tahu betapa Anda menghargai usahanya, dan jangan lupa untuk menambahkan pujian untuknya. Pujilah anak Anda ketika dia melakukan hal yang berprestasi. Hati-hati dengan cara Anda memujinya, fokuskan pada usaha dan proses daripada hasilnya.

Sumber : OkeZone

No comments: