Sunday, November 16, 2014

Kawah Talaga Bodas-Garut, Pesona yang Tersembunyi

Kawah Talaga Bodas yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah danau putih, adalah gunung stratovolcano, yaitu gunung berapi komposit yang tinggi dan mengerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras.
Telaga ini sebenarnya adalah kawah di atas puncak Gunung Talaga Bodas bekas letusan berabad-abad lalu. Kalderanya yang beku kemudian digenangi air hingga membentuk telaga. Disebut Telaga Bodas karena telaga ini memang didominasi warna putih yang disebabkan karena kandungan belerangnya cukup tinggi.

Kawah Talaga Bodas dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan, berupa Taman Wisata Alam (TWA). TWA Talaga Bodas memiliki luas kawasan sebesar 23,85 ha. Kawah Talaga Bodas berada di ketinggian sekitar 1.700 m dpl.

Kawah Talaga Bodas (S7.20851 E108.06491) berada di perbatasan Kabupaten Garut dengan Tasikmalaya, tepatnya di Desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja. Kawahnya berada di tengah-tengah hutan hujan tropis yang cukup lebat. Jarak kawah ini dari pusat Kota Garut sekitar 28 km, dan 13,3 km dari Kecamtan Wanaraja.

Track jalan dari Kecamatan Wanaraja menuju Kawah Talaga Bodas
Selain dari awah Wanaraja, Kawah Talaga Bodas dapat juga dijangkau dari arah Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Dari jalan Bandung Tasikmalaya berbelok di simpangan menuju arah Barat di Pos Polisi Kadipaten (S7.10990 E108.10704) menuju arah Karaha Bodas. Tetapi kondisi jalan dari sini jauh lebih parah dan harus menggunakan kendaraan 4WD atau trail.

Pertigaan Pos Polisi Kadipaten menuju arah Kawah Karaha Bodas, lanjut ke Kawah Talaga Bodas

View arah Gunung Sadahurip dari pertigaan Karaha-Wanaraja-Talaga Bodas

Papan petunjuk arah di pertigaan

Pemandangan sekitar perigaan arah Karaha

Kondisi jalan menuju Talaga Bodas dari arah Karaha Bodas (Kadipaten)
 Apabila dari arah Kota Garut, cari jalan menuju Kecamatan Wanaraja (S7.17242 E107.98149). Dari kota kecamatan ini belok kanan menuju kawah. Kondisi jalan 80 % berkondisi aspal bagus, hanya beberapa bagian berbatu, tetapi itupun sedang dalam proses perbaikan. Jalan menanjak terus, pastikan mobil/motor dalam kondisi baik.

Vertical profile track jalan dari Wanaraja menuju Kawah Talaga Bodas
Meskipun kondisi jalan kurang bagus dan topografi yang curam tetapi dengan pemandangan yang bagus membuat perjalanan menjadi tidak jenuh.

Gunung piramida Sadahurip

Pemandangan sepanjang jalan antara Wanaraja sampai TWA Talaga Bodas

Kendaraan hanya dapat diparkir sampai ke pintu gerbang tiket kawasan TWA. Selanjutnya harus berjalan kaki sejauh 844 m menuju kawah, atau untuk mengirit tenaga dapat menggunakan jasa ojek yang berada di di sekitar pintu masuk kawasan.

Gerbang utama TWA Talaga Bodas
Jalan dari pintu gerbang ke arah Kawah Talaga Bodas juga gak kalah indah.

Track jalan dari gerbang menuju kawah
Apabila berjalan kaki, ada jalan pintas di belakang warung-warung di dekat gerbang, sehingga bisa sedikit mengirit tenaga.

Jalan setapak di belakang warung
Mendekati kawah, semakin tercium bau menyengat belerang.

Jalan aspal kondisi baik antara gerbang sampai kawah

Vegetasi sekitar kawah

Jalan lurus sedikit menanjak.
Fasilitas di sekitar kawah cukup baik. Tersedia MCK, gazebo dan jalan keliling sekitar kawah.

Gazebo
Jalan keliling kawah

MCK
Perjalanan yang menjanjak dan rute yang susah terbayar dengan view yang bagus di Kawah Talaga Bodas. Berikut ini beberapa foto sekitar kawah.

Vegetasi sisa terendam kawah

Musim kemarau nampaknya, sehingga agak surut

View kawah arah Gunung Galunggung

Tegakan mati

Kawah Talaga Bodas agak surut

Serba putih

Lensanya kurang lebar deh hehehe ...

Kawah Talaga Bodas dari kejauhan

Pintu air
Pintu air Kawah Talaga Bodas
Itu perjalanan sekitar sebulan lalu. Kalo sekarang kemungkinaan besar perbaikan jalan sudah selesai. Jadi kendaraan dengan ground clearance rendah sekalipun diharapkan bisa naik sampe ke tempat parkir.