Sunday, February 22, 2015

Duren Benteng Ciamis, Kuliner Musiman

Buah Durian atau Duren yang memiliki aroma dan rasa yang khas
Siapa sih yang tidak kenal buah durian atau duren ? Hampir semua orang kenal bau dan rasa buah dure yang khas. Durian (Durio zibethinus) adalah tumbuhan tropis asli Asia Tenggara, Nama ini identik dengan ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah raja dari segala buah (King of Fruit). Durian adalah buah yang sensasional, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Nah, sekarang ini sedang musim duren, terutama di wilayah Ciamis dan sekitarnya. Untuk daerah Ciamis, sentra buah duren yang terkenal berada di daerah Benteng. Untuk menuju Benteng, dari pusat kota Ciamis, silahkan menuju arah Selata. Jejeran pedagang duren akan ada di sepanjang jalur lingkar selatan Ciamis.

Buah duren yang dijual di Beteng pada umumnya adalah duren lokal yang matang di pohon atau lebih dikenal dengan sebutan duren jatuhan. Meskipun duren lokal, duren dari Benteng ini rasa dan aromanya bisa sangat bervariasi. Dan sudah sangat terkenal di wilayah Ciamis dan sekitarnya.

Apabila kita datang ke salah satu  kios duren, penjual akan menanyakan, ingin yang bagaimana ? Apa yang rasanya manis, agak pahit, atau yang rasanya menyengat ?. Malah saya pernah ditawari dan merasakan durian yang menurut penjualnya berkhasiat untuk vitalitas laki-laki. Memang rasanya lebih menyengat.

Untuk masalah harga, jangan khawatir kemahalan. Selama musim duren antara bulan Januari-Februari ini, duren Benteng harganya ditawarkan variatif, antara 10 ribu-50 ribu per buah, tergantung rasa dan  kualitas buah durennya. Bisa aja buahna besar tetapi murah atau sebaliknya kecil tapi mahal. Harga juga bukan  harga mati, karena bisa ditawar, tips dari saya kalo  mau menawar, tawarlah dalam bentuk paket, misalnya 100 ribu 5 buah duren dalam 1 tumpukan. Biasanya jatuhnya lebih murah dan rasanya akan mirip karena dalam 1 tumpukan. Makanlah di tempat penjualnya karena biasanya garansi ditukar apabila durennya ternyata tidak enak atau busuk.

Selamat berburu duren Benteng ya ....




No comments: