Monday, March 9, 2015

Curug Tonjong di Tamansari Tasikmalaya

Salah satu curug di Curug Tonjong di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya

Curug Tonjong (S7.43093 E108.23704) berada di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Curug Tonjong pada awalnya kurang begitu dikenal karena akses jalan yang susah dan sulit dijangkau. Namun setelah adanya program Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLPBK) di Kota Tasikmalaya. PLPBK adalah program lanjutan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaaan. Jarak dari pusat Kota Tasikmalaya sekitar 15 km saja.


Track jalan menuju Curug Tonjong dari jalan utama Tamansari

Untuk menuju ke Curug Tonjong, dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota. Dari simpang lima (S7.31996 E108.21995) menuju ke Selatan lurus terus sampe ke lampu merah arah Tamansari (S7.36728 E108.21467). Selanjutnya belok kiri ke arah Tenggara sampai ke Tugu Kelom Geulis (S7.37305 E108.23250) selanjutnya belok kanan ke arah Selatan sampai ke S7.41622 E108.24241 selanjutnya belok kanan ke arah Curug Tonjong. Semua jalan kondisinya aspal hotmix mulus, sehingga bisa dilewati oleh mobil sedan sekalipun.

Pintu gerbang menuju Curug Tonjong
Selanjutnya masuk ke jalan menuju arah Curug Tonjong sampai menemukan gerbang masuk kawasan wisata.

Gerbang menuju kawasan wisata Curug Tonjong
Setelah melewati gerbang kawasan, dilanjutkan dengan jalan beton sampai ke warung di ujung jalan, selanjutnya jalan gang beton dan tangga sampai ke lokasi Curug Tonjong. Curug Tonjong memiliki beberapa curug dan ada persimpangan sungai dengan curug yang lumayan panjang.

Tangga menuuruni tebing menuju curug

Tangga menuruni tebing tetap adem karena rindangnya pepohonan
Di Curug Tonjong juga tersedia fasilitas MCK.

MCK di Curug Tonjong

Tetapi sebaiknya bawa bekal makanan, karena warung terdekat ada di ujung jalan, sementara di lokasi tidak ada warung.

Salah satu curug di ke arah kiri

Curug ke arah kiri

Curug yang lebih tinggi ke arah kanan

No comments: